Thursday, May 19, 2016

(Curhatan tentang) 9MUSES (Part 1)


Dari sekian artikel yang udah gue posting emang belum pernah SAMA SEKALI gue ngebahas apapun yang berbau girlband. Yak, sebenernya disini gue ingin membuat pengakuan bahwa gue ini adalah MINE (baca : FANS 9MUSES).

Line terbaru 9MUSES (2015-sekarang)

Mungkin sebagian besar dari kalian gak pernah denger atau mungkin sesekali pernah mendengar nama girlband ini. Gak kayak Girls` Generation, 2NE1, SISTAR, dkk yang emang udah terkenal seantero jagad raya. Karena memang 9MUSES kurang mendapat spotlight yang sebenernya PANTES BANGET mereka dapetin. Gue juga masih gatau pasti dan heran kenapa mereka tak kunjung dapet perhatian.

9MUSES ini berasal dari agensi Star Empire, ya bisa dibilang 9MUSES ini sodaraan sama ZE:A (yang sekarang juga kabarnya entah kemana ini boyband) dan girlband lawas JEWELRY (yang udah bubar kalo gasalah tahun 2014). Oh iya ketinggalan, ada boyband rookie juga yang baru debut dari Star Empire ini, IMFACT.

Banyak yang bilang faktor terbesar Namyu (sebutan akrab MINE, biar gampang juga sih ^o^) yang tak kunjung terkenal ini ialah ternyata berasal dari manajemennya sendiri (yang katanya gak bener). Gue juga gatau pasti sih gimana kinerja SE dalam mengasuh artis-artisnya. Tapi berdasarkan rumor dan video dokumenter BBC yang ngerekam proses pra-debut mereka, para member Namyu itu diperlakukan dengan sangat tidak manusiawi. Bahkan sang CEO pun tak sungkan langsung turun tangan dan main tangan #hiks #guegategangelanjutinnya. Gue akan kasih link-nya, biar kalian bisa liat dan nilai sendiri.

Line 9MUSES (2013)

Terlepas dari intrik-intrik industri K-Pop yang sama sekali gak gue pahami ini, gue selaku orang awam cuma bisa kasih kemungkinan-kemungkinan yang bikin Namyu kurang terkenal. Pertama, mungkin karena mereka kurang dipromosikan secara maksimal baik secara grup maupun personal. Ambil contoh aja EXID, berkat Hani seorang, nama girlband-nya pun ikut naik gara-gara video viral dance Hani yang memang ambigu ya #wkwk, selain emang karena Hoya (INFINITE) juga sih. Mungkin agak gak adil ya, tapi manajemen mereka ngerti bahwa buat dongkrak nama EXID, mereka harus gunain Hani semaksimal mungkin dengan ikutin dia di berbagai variety show. Dan hasilnya memang berhasil, orang-orang kenal Hani dan EXID pun ikut kebawa.

Maksud gue disini tuh, SE kayaknya kurang bisa menggali apa sisi potensial dari Namyu, atau seenggaknya pilih salah satu member yang kira-kira bisa dongkrak popularitas dengan cara ikutin dia di berbagai variety show, toh kalo udah terkenal pasti grupnya pun akan ikut kebawa. Mungkin sekarang SE baru ngeh dengan strategi ini, ya Kyungri emang akhir-akhir ini banyak nongol di variety show. Tapi menurut gue cara ini BENER-BENER TELAT buat dilakuin. Kenapa gak dari dulu aja sih SE bikin rencana kayak gini --____--. Tapi gue masih postive thinking kalo Namyu masih bisa dapet spotlight.

Kyungri, salah satu main vocalist 9MUSES dan member yang paling aktif saat ini di beragam variety show

Kedua, menurut gue mereka berada di manajemen yang salah. Ya emang gabisa disalahin juga, kalo udah takdirnya terkenal ya terkenal. Tapi entah kenapa gue bawaannya suudzon aja ya sama SE ini. Sudahlah, gue gamau perpanjang lagi.

Terakhir, menurut gue ya emang takdir dan keberuntungan. Kalo udah berada di industri hiburan kaya gini sih selain bakat, tampang, usaha, keberuntungan ini emang kayanya jadi faktor X yang paling besar.


Poster konser perdana 9MUSES, Muse In The City

Aduh, buat opening aja omongan gue udah panjangxlebar gini. Mungkin bagi kalian yang memang ga kenal dengan Namyu akan bingung baca penjelasan gue diatas. Ya gue juga salah, belum apa-apa udah nyerocos duluan #wkwkwk. Dan memang sepertinya gue harus perkenalin kalian dengan Namyu bener-bener dari awal debut mereka. Gue berharap dengan tulisan ini, mungkin kalian akan lebih mengenal Namyu lebih jauh, dan gak lepas kemungkinan kalian akan suka dan akan fanboying/fangirling mereka. Selain itu, gue juga berharap Namyu akan lebih dikenal orang dan punya fanbase yang besar. Tapi berhubung mata gue udah gak bisa diajak kompromi, mungkin akan gue post besok.







Credits :
Image     : Google
Video     : Youtube
Info        : Mine

Originally Posted by :
mrsk-po.blogspot.com

Please Full Credit If You Wanna Reposted
Thank You

No comments:

Post a Comment