Sunday, June 23, 2013

Super Junior VS Big Bang (Part 2)



BIGBANG dan Super Junior


After we had talk about some their similarities, now I wanna give you more. Check this out.





Sama-sama Memiliki Personel yang Telah Terjun ke Dunia Entertainment

Ngomongin soal ketenaran kedua boyband ini emang gak ada abisnya. Selain terkenal di dalam negeri, mereka pun sangat terkenal di luar negeri bahkan di seluruh dunia. Yes, K-pop Wave is invantioning the world, now! But, sebelum mereka seterkenal sekarang, ternyata beberapa member dari kedua boyband ini sudah ada yang terjun ke dunia entertainment, bahkan sudah ada yang terkenal di Korea. You can guess it?


First for Big Bang. Siapa yang gak kenal G-Dragon? Yups, sang Fashionista Leader of Big Bang ini memang sangat cetar membahana di khatulistiwa ini, hehehe… Ya, ketenaran GD emang gak terbantahkan. Apalagi ditambah fans-fansnya yang fanatik, ya makin menambah ketenaran si rapper yang satu ini.

Dan ternyata ketenaran GD gak pas dia jadi anggota Big Bang aja, tapi sejak dia masih kecil. Ketika dia berumur 8 tahun, GD tergabung dengan grup Little Roora dan berhasil menghasilkan satu Album Natal. Namun, GD sempat tidak mau menjadi penyanyi lagi karena kontrak dengan labelnya telah berakhir. Mungkin Dewi Fortuna memang belum berpaling darinya, akhirnya pada saat dia berlibur bersama keluarganya untuk bermain ski, GD ditemui oleh staf SM Entertainment untuk dikontrak sebagai trainee.

Selama 5 tahun menjadi trainee SM Entertainment, akhirnya GD memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan YG Entertainment. Disini, ia mengawali karirnya bersama Taeyang pada tahun 2003 sebagai GDYB, yaitu grup rap yang berhasil menelurkan beberapa single. Dan akhirnya, pada tahun 2006 ia berhasil debut bersama keempat rekannya sebagai Big Bang.


Taeyang, G-Dragon, T.O.P. dan Seungri

The second is Taeyang. Pria berbadan kekar ini memulai karirnya dengan muncul di video klip Jinusean (Grup Hip-Hop) yaitu ‘A-yo’. Ternyata kolaborasinya dengan Jinusean berbuah manis, akhirnya dia dikontrak oleh YG Entertainment dan menjadi salah satu rapper terbaik bersama GD dan mantan trainee YG Ent. lainnya, yaitu Jun.K (personel 2PM). Dan karena bakatnya, akhirnya ia bergabung bersama GD sebagai GDYB pada tahun 2003. Taeyang juga berkesempatan mengisi bagian rap dalam lagu Wheesung, yaitu ‘Player’. Dan pada tahun 2006, akhirnya ia memulai debut karirnya sebagai Big Bang.

Next is Seungri. Sebelum memulai debutnya bersama Big Bang, dia adalah anggota sekaligus leader dari grup tari di Gwangju. Penampilan pertamanya di televisi adalah di acara reality show, yaitu Let's Cokeplay: M.Net Battle Shinhwa, yaitu acara dimana Shinhwa (boyband) dapat membuat sebuah boyband yang bisa menjadi ‘Shinhwa kedua’. Walaupun kemampuan tarinya sangat bagus, namun kemampuan vokalnya yang lemah, akhirnya membuat dia tereleminasi. Berkat penampilannya di televisi, akhirnya Seungri dikontrak oleh YG Ent. dan memulai debutnya bersama Big Bang.

The last is Choi Seung Hyun, atau yang lebih dikenal sebagai T.O.P. Sebenarnya gue juga gak yakin sih, apa dia cocok disebut artis atau enggak. Tapi yang jelas, si rapper yang terkenal dengan suaranya yang berat ini dulunya adalah rapper underground dengan nama Tempo. Nah, berhubung dia adalah temen deketnya GD, singkat cerita akhirnya dia dikontrak oleh YG Ent. dan bergabung bersama teman-temannya untuk debut sebagai Big Bang.


And for SuJu, ada Eunhyuk dan Sungmin, dimana keduanya menjadi salah satu anggota dari grup project beraliran R&B bersama Xiah Junsu (ex. TVXQ, JYJ), juga Jay Kim, No Min Woo, dan Kang Jung Woo (TRAX). Setahun kemudian, mereka tampil perdana di acara Heejun VS Kangta, Battle of the Century : Pop VS Rock. Dimana mereka diajarkan berbagai macam teknik menyanyi oleh Kangta dan Moon Heejun. Sebelum debut pada 6 November 2005 sebagai Super Junior, Sungmin pernah bermain di drama serial  televisi MBC, yaitu Sisters of the Sea sebagai Kang Dong Shin.

Kedua, ada si Pretty Boy atau Kim Heechul. Sebelum memulai debutnya bersama Super Junior, dia lumayan tampil di banyak drama serial, yaitu Banolim 2, Sharp 2 dan Loveholic. Walaupun hanya sebagai cameo atau peran pendukung. Selain itu, dia juga telah menekuni karir sebagai model dan VJ.

Selanjutnya ada Kibum. Si non-active member ini memulai debut karirnya sebagai model dan bintang iklan. Cukup banyak iklan yang ia bintangi, seperti KTF, C&C phone, NF Sonata, OLIVE, My Chew, Ottogi Noddle dan Elite Uniform bersama BoA. Di berbagai iklan lain dia juga membintanginya bersama Ahyoomee, Go Ara, dan Kim Heechul. Selain menjadi model dan bintang iklan, Kibum juga aktif menjadi aktor di berbagai drama. Seperti April Kiss, Sharp 2, dan Marrying a Millionaire.


Eunhyuk, Siwon, Shindong, Hangeng, Leeteuk, Zhoumi, Heechul, Sungmin, Kibum dan Kangin

Setelah Kibum, kini ada Siwon. Artis yang terkenal karena ketampanannya *batuk* ini ternyata juga telah terlebih dahulu masuk ke dunia entertainment sebelum debut bersama Super Junior. Pada tahun 2003, dia membintangi video klip Dana ‘The Grace’. Setahun kemudian, di membintangi drama serial Precious Family dan Eighteen, Twenty Nine. Beberapa bulan sebelum debutnya bersama Super Junior, Siwon bersama Hangeng didaulat menjadi model di fashion show Fashion Designer, Bum Suk.

Kali ini giliran sang leader, yaitu Leeteuk. Setelah diterima oleh SM Ent. sebagai trainee pada tahun 2000, di tahun yang sama ia muncul sebagai cameo di drama serial MBC, yaitu All About Eve. Dua tahun kemudian, ia juga didaulat menjadi bintang iklan Pepsi.

And now, it’s Hangeng’s turn! Ya, sang ‘keajaiban satu miliyar’ ini juga sudah memulai karirnya sebelum debut bersama Super Junior. Pada tahun 1999, dia berpartisipasi di parade HUT China sebagai representasi dari etnik Nanai, yaitu suatu suku di China bagian Timur Laut. Setelah dua tahun berlalu, ia mengikuti audisi yang diselenggarakan SM Entertainment di Beijing.
Setelah mengikuti audisi, Hangeng mulai merintis karirnya sebagai cameo di film pendek low-budget produksi China. Selain itu, untuk membiayainya masuk perguruan tinggi, ia juga tampil di pertunjukkan lokal yang diselenggarakan di luar negeri. Pada akhir Agustus 2002, ia diberitahu bahwa ia resmi diterima menjadi trainee di SM Entertainment. Beberapa bulan sebelum debutnya bersama Super Junior, Hangeng bersama rekannya, Siwon didaulat menjadi model di Fashion Show milik perancang Bum Suk bersama. Walaupun ia telah meraih sukses bersama Super Junior, akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari Super Junior pada tahun 2009, karena beberapa syarat kontrak yang tak adil baginya.

Kali ini giliran anggota China lainnya, Zhou Mi. Ternyata sebelum debut bersama Super Junior M, dia telah memenangkan banyak kompetisi menyanyi dan MC, diantaranya sebagai Best Male Singer di MTV-Pantene New Voices Competition, First Place dan Newcomer Award di Shanghai Asia Music Festival Newcomer Competition, Energetic Star di Wenquxing Crazy for the Stars Star Ambassador Selection Competition, Third place dan University Idol Singer Award di The 3rd MTV-Samsung School Campus: Breath of Fresh Air Singing Competition, Finalis 16 besar di CCTV Challenging the Host Hosting Competition, dan banyak lagi. Selain itu, ia juga menjadi MC dan penyanyi berkat ajang-ajang yang diikutinya.

Dan terakhir Shindong. Member yang terkenal dengan kemampuan dance-nya yang menawan ini ternyata sudah mengikuti berbagai kontes menari sebelum debutnya bersama Super Junior, yaitu memenangkan Kontes 2002 Goyangsi Youth Dance, lalu setahun kemudian ia kembali memenangkan kontes menari lainnya, dan pada tahun 2004 ia kembali mengikuti kontes lainnya, Mnet Epi Contest, dimana selain menjuarainya, ia juga memenangkan Popularity Award.


Notes : I get some info from Wikipedia about Kangin’s pre-debut career, I found that he played in a SBS’S serial drama, A Man and A Woman. But I don’t got anything for his role. So, if you know, you can tell me by write in the comment’s column. Mercy . . .







Comeback yang Menggebrak, Jangka Waktu Hiatus yang Lama dan Sama

Setelah menekuni karir selama dua tahun, kedua boyband ini ternyata ‘berhenti’ sebentar dari rutinitas boyband mereka dan melakukan pekerjaan mereka masing-masing. Why? Wanna know more?

Setelah menelurkan album Jepang mereka, Big Bang pada tahun 2009, akhirnya Bigbang ‘menyudahkan’ karir boyband mereka untuk sementara waktu. Selama 1,5 tahun, para member mengisi waktu mereka dengan karir solo mereka masing-masing. Walaupun pada tahun 2010, Bigbang menggelar konsernya yang bertajuk Big Show.
Pada Agustus 2009, GD mengeluarkan albumnya yang berjudul Heartbreaker dengan single andalannya yang berjudul sama. Dia pun sukses mendapatkan berbagai macam penghargaan atas album solonya.

Next is Taeyang. Selama hiatusnya grup mereka, dia juga mengeluarkan dua singelnya, yaitu ‘Where You At?” dan ‘Wedding Dress’. Untuk T.O.P, dia bermain di drama serial berjudul Iris sebagai pembunuh bayaran bernama Vick. Sedangkan untuk Daesung dan Seungri, mereka disibukkan dengan karir mereka sebagai aktor dan MC.
Pada 23 Februari 2011, mereka comeback dengan EP (Extended Plays) terbaru mereka yang berjudul Tonight. Berkat album dan single-nya Tonight, mereka berhasil berhasil merajai berbagai tangga lagu korea, bahkan Billboard World. Hanya dalam waktu seminggu saja, album mereka sudah terjual lebih dari 100.000 kopi, dan mengasilkan 7 miliar Won atau sekitar 6,2 juta USD. Pada Februari 2011, mereka comeback dengan membuat showcase dengan lagu-lagu dari album terbaru mereka. Acara ini disiarkan oleh stasiun televisi SBS dan Mnet. Melalui acara ini, banyak media yang memuji comeback Bigbang yang dinilai mewah, keren, dan Bigbang dianggap berhasil dengan comeback mereka yang memperlihatkan kesan yang lebih ‘kuat’ dari sebelumnya. Dan semenjak album Tonight, Bigbang dianggap sebagai salah satu artis papan atas Korea.

Hampir sama dengan kisah Bigbang, Super Junior pun rehat sejenak setelah berkarir selama kurang lebih 2 tahun. Selama waktu hiatusnya, mereka disibukkan dengan projek baru, yaitu sub grup*. Ada 4 sub grup yang dibentuk dari Super Junior, yaitu Super Junior H (Super Junior Happy), Super Junior M (Super Junior Mandarin), Super Junior KRY (Super Junior Kyuhyun, Ryeowook, Yesung), dan Super Junior T (Super Junior Trot**).

Setelah menggelar konser tunggal pertama mereka, Super Show, pada tahun 2009 mereka comeback setelah hiatus kurang lebih 1,5 tahun dengan album ketiga mereka, Sorry Sorry. Baru sehari album diluncurkan, ternyata penjualannya sudah mencapa 29.000 kopi. Dan setelah beberapa bulan, album mereka dinobatkan sebagai Album dengan Penjualan Terbaik di Korea Selatan pada tahun 2009 karena telah terjual sebanyak 250.000 kopi. Seakan belum cukup, album mereka juga dinobatkan sebagai album Korea dengan penjualan terbaik di beberapa negara seperti Taiwan, Thailand, Cina, dan Filipina, yang juga dinobatkan sebagai album Korea pertama yang menduduki posisi pertama di tangga lagu beberapa negara tadi.

Lagu Sorry Sorry yang merupakan single album terbaru mereka juga tak kalah sukses. Lagu ini menjadi hits di negaranya. Terbukti dengan diraihnya sepuluh kali menjadi nomor 1 selama 10 minggu di Korea, dan menjadi rekor di tangga lagu Taiwan dengan terus bertengger di nomor 1 selama 37 minggu. Selain itu, mereka juga mendapatkan berbagai penghargaan, baik di dalam maupun luar negeri. Single Sorry Sorry menjadi juga single grup dengan penjualan terbaik di Korea. Dan yang terakhir, mereka memenangkan beberapa kategori di 24th Golden Disk Awards (penghargaan musik paling bergengsi di Korea Selatan), termasuk Disk Daesang (Record of the Year).

Ketenaran mereka tak berhenti disitu saja. Di Korea Selatan, Lagu Sorry Sorry sangat identik dengan gerakan ‘meminta maaf khas Korea’. Semenjak lagu itu, salah satu koreografi mereka sangat populer, bahkan sampai dipakai para napi di Thailand untuk keperluan senam.
Semenjak saat itu pula, nama mereka dikukuhkan sebagai salah satu artis papan atas di Korea Selatan. Bahkan, gara-gara ulah Sorry Sorry, ‘demam Korea’ menyebar ke seluruh dunia. Bisa dibilang, mereka adalah pionir kesuksesan K-Pop saat ini. Mungkin para artis Korea seharusnya berterima kasih pada mereka.


Persamaan : 
1. Setelah berkarir selama 2 tahun, mereka hiatus.
      2. Melakukan konser tunggal di sela-sela hiatus mereka.
     3. Jangka waktu hiatus yang sama, yaitu ­kurang lebih 1,5 tahun. (Bisa dicek : Untuk Bigbang, mereka mengeluarkan album Jepangnya Big Bang pada 19 Agustus 2009, dan kembali mengeluarkan album Korea Tonight pada 23 Februari 2011 = 1 tahun 6 bulan 4 hari. Untuk Suju, mereka mengeluarkan album keduanya Don’t Don pada 20 September 2007, dan kembali mengeluarkan album ketiganya Sorry Sorry pada 12 Maret 2009 = 1 tahun 5 bulan 22 hari. Hampir sama bukan? Hanya terpaut 12 hari.)
4. Comeback-nya membuat nama masing-masing grup dikenal hingga luar negeri, dan ditempatkan menjadi salah satu artis papan atas Korea Selatan.


Notes :
*Sub Grup --- adalah grup bagian yang didirikan dengan nama berbeda tanpa membubarkan grup utama mereka. Mempunyai anggota yang sama dengan anggota grup utama. Hanya saja, cuma sebagian yang menjadi anggota. Bahkan di beberapa grup seperti Super Junior M, ada tambahan member.
**Trot --- adalah jenis musik asli Korea. Sama halnya dengan Dangdut yang merupakan jenis musik yang berasal dari Indonesia.






Berduet dengan Sibling-nya untuk Keperluan Promosi

Duet merupakan cara yang cukup ampuh untuk mendulang kesuksesan karir seorang penyanyi. Hal ini juga dialami oleh kedua boyband ini.


Single promosi yang dinyanyikan oleh BIGBANG dan 2NE1

For Bigbang, pada tahun 2009 mereka berduet dengan teman satu manajemen mereka, 2NE1 yang pada saat itu adalah girlband baru. Duet yang dilakukan mereka mempunyai beberapa tujuan, antara lain mempromosikan 2NE1 sebagai girband baru YG Entertainment. Kedua ialah untuk mempromosikan LG Lollipop dengan single mereka yang berjudul Lollipop part 2.

And for SuJu, mereka juga melakukan duet dengan sistermate mereka, yaitu Girls’ Generation atau yang lebih dikenal dengan SNSD pada tahun 2009. Mereka berduet dalam lagu S.E.O.U.L untuk keperluan promosi wisata Korea Selatan.


Single promosi wisata Korea Selatan yang dinyanyikan oleh Super Junior dan Girls` Generation




Lagu & Koreografi, Sebuah Bentuk Kemandirian

Tak dapat dielakkan lagi, lagu ialah salah satu faktor kesuksesan penyanyi. Siapun penciptanya, yang terpenting adalah komposisi lagu yang bagus, menarik, dan yang pasti enak didengar. Namun sepertinya, beberapa penyanyi harus lebih mandiri lagi karena hanya mengandalkan orang untuk membuatkan lagu untuknya. Ada kalanya dia bisa menciptakan sendiri lagu untuknya, setidaknya satu lagu sepanjang karirnya sebagai penyanyi.
Namun sepertinya, hal itu tidak berlaku bagi kedua boyband ini. Beberapa dari anggotanya menciptakan lagu sendiri untuk dibawakannya, bahkan hingga membuat koreografinya sendiri.


Sebagian Album BIGBANG dan Album Solo

Contohnya Bigbang. Rata-rata lagu yang mereka bawakan adalah hasil ciptaan dari mereka. Walaupun didominasi oleg GD dan beberapa ciptaan T.O.P, terkadang mereka juga menciptakan bersama lagu mereka. Contohnya Lies (English Version) dan La La La (English Version). Selain itu, anggota yang lain juga menciptakan beberapa lagu untuk mereka sendiri. Untuk Daesung, dia bersama GD dan beberapa pencipta lagu menciptakan lagunya sendiri, Wings. Untuk Taeyang, selain menciptakan lagunya sendiri dia juga menciptakan lagu untuk Bigbang yaitu, Goodbye Baby. Begitu pula Seungri. Setelah menciptakan beberapa lagu Bigbang bersama teman-temannya, ia juga menulis hampir semua lagu di album solonya VVIP. Contohnya, lagu VVIP, Eojjeorago (What Can I Do), Magic, dll. Bahkan beberapa tarian yang mereka tampilkan untuk mengiringi penampilan mereka, adalah hasil koreografi dari semua member Bigbang. Wow, they’re so talented, right?

Begitu pula dengan Super Junior. Mereka juga menciptakan beberapa dari lagu yang mereka bawakan. Walaupun tak sebanyak dan seaktif Bigbang, tapi beberapa member ikut berperan dalam terciptanya lagu yang mereka bawakan. Seperti Eunhyuk, ia menciptakan beberapa lagu untuk Super Junior, seperti Gulliver dan Oops!. Selain itu, Eunhyuk bersama Donghae juga menciptakan single Oppa Oppa dan I Wanna Dance yang dinyanyikan mereka berdua. Lalu ada Ryeowook dan Sungmin yang menciptakan lagu Love U More di album ketiga mereka, Sorry Sorry. Lalu ada Shindong yang menciptakan lagu Oops!  bersama Leeteuk, Donghae, dan Eunhyuk. Kemudian ada Leeteuk yang menciptakan beberapa lagu, seperti Only You, Andante (bersama Henry), dan Oops!. Selanjutnya ada Donghae. Dia juga berhasil menciptakan beberapa lagu, yaitu Y, Oops!, Only U, HARU, dan menciptakan beberapa lagu bersama Eunhyuk untuk proyek duet mereka.


Sebagian Album Super Junior

Dan yang terakhir, Zhou Mi. Pria kelahiran Wuhan ini ternyata juga menciptakan beberapa lagu, diantaranya Love Song, Marry U, dan A Man In Love versi bahasa Mandarin untuk album pertama Super Junior M, Me. Pada tahun 2009, ia juga menulis lirik bahasa mandarin untuk beberapa lagu yang ada di Mini Album pertama Super Junior M, Super Girl, yaitu Confession dan You and Me. Dilanjutkan pada tahun 2011, dia juga menulis lirik berbahasa mandarin untuk lagu True Love yang menjadi single Super Junior M di Mini Album kedua mereka, Perfection. Dan terakhir, dia juga menulis lirik berbahasa mandarin untuk beberapa lagu Kangta, yaitu Breaka Shaka, Remember, dan Many Times di Mini Album Cina pertama Kangta pada tahun 2010.

Mereka juga membuat beberapa koreografi untuk tarian yang mendampingi penampilan mereka. They’re really talented, right?



So, gimana menurut kalian? Apa penjelasan gue diatas emang udah ngeyakinin loe kalau emang ternyata banyak persamaan diantara mereka? Kalau belum, tunggu posting-an gue selanjutnya. Mungkin setelah baca postingan-postingan gue selanjutnya, kalian akan ‘ngeh deh, bahwa banyak banget persamaan diantara mereka. So, wait it patiently!









Related Articles :
Super Junior VS Big Bang (Part 3)
Super Junior VS Big Bang (Part 4)
Super Junior VS Big Bang (Part 5)
Super Junior VS Big Bang (Part 6)



Credits :
Info : www.wikipedia.com, the other sources

Originally Posted By :
mrsk-po.blogspot.com

Please Full Credit If You Wanna Reposted
Thank You
 

No comments:

Post a Comment