Thursday, May 19, 2016

(Curhatan tentang) 9MUSES (Part 2)


Sesuai janji gue dini hari tadi (walaupun udah di penghujung hari banget), postingan kali ini gue akan ngebahas tentang 9MUSES. Gue juga bingung sebenernya harus mulai jelasin darimana. #mulaiberpikir #berpikirkeras #tapiotakgakkuat #yaudahakhirnyagajadimikir.


Line member 9MUSES (dari atas ke bawah), 2010 (9 member), 2013 (9 member), dan 2015-sekarang (8 member)


9MUSES (Namyu) sendiri adalah girband yang berasal dari manajemen Star Empire (Manajemen yang juga mengasuh ZE:A, Jewelry, VOS, IMFACT) dan dibentuk pada tahun 2010. Nama 9MUSES sendiri berasal dari mitologi Yunani (Nine Muses), yang menceritakan 9 dewi anak Zeus yang tugasnya di bidang seni dan ilmu pengetahuan.


Ilustrasi Nine Muses dalam Mitologi Yunani


Kalo mau dijelasin sedikit sih para muse ini adalah putri dari Zeus dan Mnemosyne (Dewi Memori) yang dilahirkan di Piera (Kaki Gunung Olympus) dan mereka dianggap sebagai peri sungai. Pada awalnya hanya ada 3 muse, yaitu Melete (Dewi Meditasi), Mneme (Dewi Memori), dan Aoede (Dewi Lagu) yang dianggap sebagai pelindung para penyair. Tetapi seiring berjalannya waktu jumlah muse bertambah menjadi 9, dimana jangkaun tugas mereka diperluas menjadi di bidang seni dan ilmu pengetahuan.


Kira-kira kalo member Namyu harus peranin para muse, siapa yang jadi siapa ya?


Nama-nama para muse itu : Calliope (Dewi Puisi Heroik/Epik), Clio (Dewi Sejarah), Erato (Dewi Lirik/Puisi Cinta), Euterpe (Dewi Musik/Seruling), Melpomene (Dewi Tragedi), Polyhimnia (Dewi Puisi Suci/Mime), Terpsichore (Dewi Paduan Suara/Tari), Thalia (Dewi Komedi), dan Urania (Dewi Astronomi). Jadi nama 9MUSES bukan berdasarkan jumlah anggotanya ya, guys.


Formasi 9MUSES sebelum debut (5 diantaranya Sera, Leesem, Sungah, Kyungri, Jaekyung)


Awalnya Namyu disiapkan untuk debut sebagai girlband dengan 14 member, namun karena menurut SE tidak semua member memenuhi kualifikasi, akhirnya hanya Namyu didebutkan dengan 9 member.


Cover Single Album pertama 9MUSES, Let's Have a Party

Sebelum resmi debut, Namyu mengisi soundtrack untuk drama Prosecutor Princess bersama Seo In Young yang berjudul "Give Me". Nah, pada 12 Agustus 2010 mereka resmi debut dengan album single pertama mereka "Let's Have a Party" (yang terdiri dari 2 buah lagu : No Playboy dan Ladies) dimana lagu "No Playboy" jadi lagu debut mereka. Di era No Playboy Namyu debut dengan member line : Rana, Bini, Jaekyung, Sera, Leesem, Euaerin (Erine), Eunji, Hyemi, dan Minha. Di lagu ini, mereka mengusung konsep seksi yang dewasa, tapi gak berlebihan.


Abaikan pose mereka yang ga banget

MV-nya sendiri cuma berisi scene Namyu dance dengan outfit yang cukup wow buat para cowok. Atasan cropped tank top (tapi lebih mirip sama bra sih), hotpants yang hampir gak keliatan karena ketutupan blazer mereka, dan string stocking yang makin menambah kesan seksi (untuk para fanboy mungkin gak akan bisa konsen ya #wkwk). Ini kenapa gue jadi ngomongin baju? (Klik disini untuk melihat MV No Playboy)

Beberapa cuplikan dari MV No Playboy

Selain scene mereka dance, ada scene tambahan dimana mereka 1) berpose seperti boneka, 2) lenggak-lenggok ala model, 3) berpose dengan model cowok yang Hotties banget (setahu gue namanya Johannes Rosenthal), dan 4) adegan Namyu lagi dugem (ceritanya). Tapi scene yang mencuri perhatian gue ialah scene dimana model cowok tiduran dilantai (shirtless) dan dikelilingi para member Namyu yang juga tiduran rame-rame dilantai dengan pakaian yang sangat mini. Menurut gue scene itu WOW banget, dan mungkin highlight dari MV-nya yang bener-bener bisa jelasin lagu Namyu yang emang lagi nyeritain tentang Playboyisme (apasih).

Buat kalian yang udah tersesat dalam dunia K-Pop sebelum tahun 2010, mungkin kalian tahu betapa kontroversialnya debut mereka waktu itu. Pertama, karena Namyu beranggotakan 9 member dimana saat itu hanya GG lah girlband yang punya 9 member. Pada saat itu kayaknya angka 9 tuh semacem angka keramat ya, limited edition. You know lah ya SONE sangat sangat sensitif kalo udah ada hal yang identik bahkan sedikit sama dengan idola mereka. Gue gabilang semua SONE gitu ya, sebagian mungkin memang terlalu berpaham garis keras, apalagi fans yang ada di Korea sana. Tapi karena masalah persamaan jumlah member, Namyu mulai dilirik haters untuk dibully bahwa mereka plagiat GG.

Kedua, lagu debut mereka "No Playboy" yang katanya mirip dengan lagu Genie punya GG. Tapi kalo gue memposisikan diri sebagai orang yang netral, memang lumayan banyak kesamaan antara lagu No Playboy sama Genie. Ya walaupun gue ga ngerti sama sekali dengan dunia musik, tapi kalo dibandingin sih memang agak mirip walaupun menurut gue hanya bagian opening-nya aja yang sama. Sisanya sih gue ga ngerti lah, kalo ngomong takut salah juga #wkwk.
Halo om JYP

Kalo memang mau disalahin, ya harusnya salahin Park Jin Young (JYP) yang bikin itu lagu, dan SE selaku manajemen mereka yang harusnya bisa batalin Namyu buat debut dengan lagu yang katanya plagiat. Kalo mau husnudzon (berprasangka baik) sih mungkin SE emang sengaja biarin Namyu debut dengan lagu itu karena mungkin dengan embel-embel JYP mereka akan berhasil. Tapi kalo mau suudzon (berprasangka buruk) mungkin SE sengaja biarin Namyu debut dengan lagu itu justru karena tahu No Playboy memang mirip dengan Genie. Otomatis dong kalo sama pasti bakal jadi bahan pembicaraan dan mau gamau harus dibandingin dengan GG. Ya bisa dibilang dompleng nama GG lah (kok ini gue ngomong kaya haters Namyu aja ya -__-).

Entah kenapa semenjak Namyu debut, gue selalu nyalahin dan sinis sama SE. Gatau kenapa. Tapi kalo dipikir secara akal sehat sih alasan suudzon gue emang kayanya terlalu kejam ya buat artisnya sendiri. Tapi kalo udah di industri hiburan apasih yang gak sah untuk dilakuin asal artisnya terkenal?

Selain lagunya yang katanya plagiat, pose Namyu di foto promosi No Playboy juga katanya sama dengan pose GG (entah yang mana). Rumor-rumor kaya gini sih yang bikin memang netizen sendiri. Tapi menurut gue untuk urusan yang satu ini kayanya lebay. Maksud gue untuk pemotretan dengan orang sebanyak itu pasti posenya ya ga terlalu banyak variasi. Gabisa ngomong deh sama netizen macem begini -__-.

Formasi 9MUSES saat promosi Ladies (Hyuna paling kanan)


2 bulan setelah debut, Jaekyung secara resmi keluar dari Namyu karena ingin fokus di dunia modelling dan digantikan oleh Hyuna. Hyuna sendiri mulai menggantikan posisi Jaekyung sejak promosi single kedua mereka "Ladies" (klik disini untuk melihat live performance Ladies). 26 Desember 2010 Namyu mulai melakukan promosi ke Jepang dalam acara Seoul Train bersama labelmate mereka ZE:A dan VOS.

Gak lama setelah itu, Januari 2011 Namyu ditinggal (lagi) oleh Rana, Bini, dan Euaerin (Erin) karena ingin megembangkan karir mereka di bidang lain. Tapi 3 bulan setelah itu Erin balik lagi dan kembali lagi jadi member Namyu.

Cover Digital Single pertama (Figaro) dan Konsep Foto 9 MUSES


Setahun setelah mereka debut, tepatnya 18 Agustus 2011 Namyu comeback dengan konsep yang lebih ramah dan a bit aegyo (tapi untuk konsep foto Erine kayaknya pengecualian, nanti gue kasih di bonus pict) dengan single digital pertama mereka "Figaro". Figaro adalah lagu ciptaan Sweetune yang terkenal sebagai pencetak lagu hits yang dinyanyikan oleh artis-artis seperti KARA, INFINITE, Boyfriend, BEAST, Brown Eyed Girls. Figaro sendiri sangat kental dengan nuansa disco tahun 70-an, dan menurut gue sangat ear-catchy. Tapi untuk MV-nya menurut gue terlalu sederhana dan terkesan Low Budget MV (klik disini untuk melihat MV Figaro). Agak gak sinkron aja gitu sama lagunya yang bagus. Dan disini Hyuna resmi debut sebagai member Namyu, ya walaupun sebelumnya dia udah manggung bareng Namyu untuk gantiin Jaekyung. Jadi di single Figaro Namyu debut hanya dengan 7 membernya : Sera, Hyuna, Leesem, Erine, Eunji, Hyemi, dan Minha.

Gue inget banget waktu itu mereka comeback barengan sama SJ yang juga comeback dengan Mr. Simple, saat itu bener-bener puncaknya SJ banget. Otomatis lah ya, kemungkinan Namyu buat menang di acara-acara musik sangatlah kecil. Pasrah aja lah saya sebagai international fans yang gabisa ngapa-ngapain ,_____,.


Cover Digital Single kedua (News) dan konsep foto Kyungri

Lalu pada 11 Januari 2012 Kyungri resmi debut dan kembali mengisi kekosongan member Namyu (menjadi 8 orang) dengan digital single mereka yang kedua "News". Lagu kali ini juga diproduksi oleh Sweetune. News sendiri bergenre disco/rock dengan beat-beat yang menurut gue Top Markotop. Hal yang paling gue suka saat mereka promosi News ini ialah disaat mereka live performance dengan dance mereka yang REALLY AMAZING AND SO DAMN ENERGIC. Ditambah lagi dengan tambahan back dancer, makin bikin performance Namyu bener-bener keren (klik disini untuk melihat live performance News). Apalagi kalo kalian liat dance practice-nya, menurut gue itu KEREN BANGET (klik disini untuk melihat dance practice News).

Tapi sayangnya, SE belum tergerak untuk bikin MV yang bagus buat Namyu di lagu News ini. Dan menurut gue, MV News ini adalah MV paling gak banget dan kekurangan modal yang pernah Namyu punya (klik disini untuk melihat MV News). Kayaknya SE bener-bener belum sadar buat treat them like a treasure.


Cover Mini Album pertama 9MUSES, Sweet Rendezvous


2 bulan kemudian, 8 Maret 2012 Namyu comeback lagi dengan mini album pertama mereka "Sweet Rendezvous" yang terdiri dari 6 buah lagu (Who R U, Ticket, News, Figaro dan 2 lagu instrumen Who R U dan Ticket) dimana Ticket yang jadi single promosi mereka. Dan lagu ini masih diciptakan oleh Sweetune, dimana keseluruhan mini album Namyu pun adalah hasil karya Sweetune.

Konsep foto 9MUSES di Mini Album pertama mereka, Sweet Rendezvous

Ticket bergenre Pop Dance yang sangat addictive karena menurut gue lagu ini agak dangdut gitu sih (dasar orang Indonesia, gabisa denger dangdut dikit langsung goyang). Itu sependengaran gue yang notabenenya sangat sangat buta akan hal-hal yang lebih detail tentang musik. Jadi gue klaim Ticket ini sangatlah dangdut dan pas buat telinga orang Indonesia #apasih.


Teaser foto Sweet Rendezvous, jangan salah fokus ya XD


Dan harapan gue pun jadi kenyataan lewat Ticket ini. Karena MV mereka kali ini bagus dan SE keliatan niat untuk bikin MV buat Namyu (klik disini untuk melihat MV Ticket). Ya walaupun stasiun dan keretanya hanyalah settingan, tapi seenggaknya ada usahalah buat bikin setting dan properti. Selain itu, di MV Ticket ini Namyu kembali menggunakan model sebagai pelengkap MV mereka. Buat Namyu ini yang kedua kali setelah MV No Playboy yang juga pake model cowok.


(Dari atas ke bawah) Cuplikan MV 9MUSES dan INFINITE


Tapi entah kenapa, menurut gue setting kereta di MV Namyu ini mengingatkan gue dengan setting kereta di MV INFINITE yang Paradise.


Salah satu koreo dari lagu Ticket yang menurut gue unik


Highlight dari comeback mereka kali ini ialah koreografi yang keren, dimana yang paling diinget dari dance Ticket ini adalah bagian para member Namyu muter-muterin tangan mereka ke tangan satunya (di bagian One way~One way~One way~Ticket~). Menurut gue gerakan itu unik dan lucu aja sih. Apalagi semenjak Ticket popularitas Namyu semakin naik dan lebih dikenal oleh masyarakat luas karena lagunya yang ear-catchy dan koreografi-nya yang unik.


Cuplikan MV Ticket (setting tempatnya lumayan kan?)

Masih dalam promosi Ticket, 4 hari sesudah perilisan mini album mereka, SE memperkenalkan member terakhir yang akan melengkapi Namyu menjadi sembilan kembali (Yeay!!), dan itu adalah Son Sungah.

Sungah sendiri sebenernya adalah salah satu dari 14 member original line-up Namyu bareng Sera, Kyungri, Jaekyung dan Leesam. Tapi gatau kenapa Sungah (dan Kyungri) gak ikut debut waktu Namyu juga debut dengan No Playboy. Mungkin belum waktunya kali ya.

Setelah promosi Ticket, Namyu lebih aktif di variety show seperti Music and Lyrics dan MM Choice, yang dua-duanya memang jenis variety show dimana mereka harus nyiptain lagu bareng orang-orang yang udah berpengalaman. Menurut gue aktifitas kaya gini harus sering dilakuin sama Namyu, karena variety show emang ngaruh banget buat popularitas artis di Korsel sana. Bahkan secara gak langsung jadi tolak ukur keberhasilan seorang artis, jadi semakin sering artis tersebut main di variety show maka semakin terkenal dia. Jadi kata gue sih ini langkah yang tepat banget.


Berhubung gue udah ngantuk, jadi bakal gue lanjutin nanti. Tapi ga bakal lama kok gue jamin.



Bonus Pic yang udah gue janjiin (jangan salah fokus ya #wkwk)



Credits :
Image : Google
Video : Youtube
Info : Wikipedia, Mine

Originally Posted by :
mrsk-po.blogspot.com

Please Full Credit If You Wanna Reposted
Thank You

No comments:

Post a Comment