Sunday, June 23, 2013

Super Junior VS Big Bang (Part 1)



Kalau ngomongin tentang boyband Korea gak bakalan ada habis-habisnya. Apalagi jika itu Super Junior dan Big Bang. Dua boy band yang lagi ngetop-ngetopnya. Banyak diantara penggemar masing-masing mereka yang berantem karena masing-masing fans membanggakan idola mereka secara berlebihan dan yang akhirnya dibumbui dengan mencela idola lainnya. Pada akhirnya, terjadi “fan war” atau bisa disebut perang antar fandom. Duh, pastinya gak enak banget kan, yang asalnya ngebanggain idola sendiri justru malah jadi bumerang. Tapi tunggu dulu kawan, jangan keburu persiapin senjata. Ternyata diantara banyak perbedaan diantara mereka, ternyata ada beberapa kesamaan. Jadi baca dulu deh ini. Mungkin aja setelah baca ini, fan war yang asalnya terjadi, jadi reda.
 


Super & Big, Sebuah Pemilihan Kata dengan Makna Kata yang Sama

Seperti yang kita ketahui, para boyband yang sekarang lagi ngetop-ngetopnya ini memang udah terkenal namanya dimana-mana. Ya nama, itulah salah satu faktor penentu suatu artis itu terkenal atau tidak. Nama juga bisa jadi suatu pengharapan akan karirnya agar berhasil. Jadi, apapun nama yang dipilih oleh para artis di dunia entertainment, itulah pengharapan mereka. Nah, bagi kedua boyband ini nama sepertinya memang ikut andil di dalam keberhasilan karir mereka.



Super Junior dan Big Bang. Menurut kalian, apakah ada kesamaan dari kedua nama tersebut? Kira-kira apa, ya? Yups, Super dan Big. Salah satu kata dari kedua nama itu memang memiliki makna kata yang hampir sama. Yang pertama, Super. Super itu berarti segala sesuatu yang lebih, yang besar, pokoknya yang sejenisnya-lah. Dan yang kedua, Big. Kata yang berasal dari Bahasa Inggris ini berarti besar. See, ada kesamaan makna  bukan dari kedua kata ini?

Ya, walaupun kedua nama ini kalau diterjemahkan secara lengkap akan agak sedikit berbeda maknanya. For Super Junior, nama ini berarti artis yang walaupun selalu dianggap junior bagi para artis/senior lainnya, tetapi mereka memiliki kekuatan super sehingga bisa mematahkan pendapat para artis bahkan mengalahkannya. And for Big Bang, bisa berarti sesuatu yang wow, yang keren, yang meledaknya gede banget, atau apapunlah itu namanya. Bisa juga sih nama ini diambil dari nama teori fisika. Hehehe…
Ya, walaupun begitu, pengharapan mereka cuma satu, yaitu sukses dan berhasil dalam perjalanan karir mereka. Semoga sukses ya!




Awal Kisah yang Mengharukan

Dalam perjalanan karir seseorang, pasti kalian tak akan pernah menemukan suatu awal yang bahagia, senang, tanpa perlu bekerja keras. Jadi, untuk mencapai karir yang cemerlang, dibutuhkan tekad, kemauan dan kerja keras yang ekstra. Begitu pula dengan mereka. Namun, ada sedikit kesamaan di awal karir mereka, yaitu dikucilkan dan dianggap remeh.

For Super Junior, di awal debut, mereka dianggap tidak akan sesukses seniornya DBSK/TVXQ. Mereka juga kurang dihargai dan diremehkan oleh para artis. Bahkan di awal karirnya, mereka dikritik karena di setiap penampilan, mereka tidak memberikan performa terbaik mereka. Seperti vokal yang tidak stabil ketika melakukan dance dengan gerakan yang sulit, suara gemetar, serta lipsync. 

Dan pada Bulan Juli, yaitu ketika mereka tampil di acara musik di MBC (stasiun televisi Korea), kritik yang ditujukan semakin memburuk. Karena biasanya artis yang tampil di acara tersebut selalu tampil dengan live, namun itu tidak dilakukan mereka. Beruntungnya, mereka mempunyai fans yang banyak dan loyal, sehingga mereka dibela habis-habisan. Para fans membela mereka dengan alasan bahwa kondisi Heecul yang tidak sehat, sehingga performa mereka seperti itu. Namun, tampaknya para kritikus tidak dapat menerima alasan itu.

Sampai akhirnya, pada tahun 2007 mereka mengeluarkan album kedua, Don’t Don yang akhirnya pada setiap penampilannya mereka menyanyi secara live.

And for Big Bang, mereka juga diremehkan oleh artis lainnya pada masa debut setelah masa-masa trainee mereka yang berat. Sampai akhirnya mereka mematahkan anggapan para artis lainnya setahun kemudian yaitu pada tahun 2007, dengan singelnya Lies.


Perbedaan : 
Super Junior :
Walaupun mereka telah menjadi artis yang sangat dikenal namanya hampir di seluruh dunia, juga telah mendapat penghargaan disana-sini. Tetapi, mereka masih saja dikucilkan, dianggap remeh, bahkan dianggap aneh oleh teman-teman sesama artis, dan juga rivalnya. You can guess it. ^>^

Big Bang :
Walaupun di awal karirnya mereka mendapat cobaan, tetapi sekarang mereka telah mendapat banyak respond dan apresiasi dari sesama artis maupun seniman.

So guys, pesan yang bisa kita ambil dari sini adalah sejelek-jeleknya manusia, jangan sampai kalian melupakan segala kebaikannya hanya dengan satu kesalahan yang mungkin sebenarnya gak terlalu penting-penting amat sih. So, don’t try this at home, ya!




Memuat Kisah Pre-Debutnya dalam Suatu Acara

Suatu proses menuju kesuksesan memang pantas untuk dikenang. Ya, sebagai apresiasi dan bentuk penghargaan kita kepada kerja keras kita sendiri untuk dapat mempertahankannya. Hal ini juga terjadi pada kedua grup ini. Mereka memuat kisah perjuangan mereka sebelum debut dalam suatu acara televisi.

Super Junior, mereka membuat penampilan pre-debut mereka di stasiun televisi Korea, Mnet pada tanggal 11 September 2005. Dalam acara itu, mereka menampilkan tarian hip-hop yang berjudul “Take It To The Floor” dari artis B2K. Hankyung, Eunhyuk dan Donghae, personil Super Junior juga membuat penampilan mereka sendiri dengan menarikan lagu dari Usher yang berjudul “Caught Up”. Namun ternyata acara itu tidak ditayangkan sampai pada akhirnya pada tanggal 16 Mei 2006 ditayangkan dalam reality show pertama mereka yaitu Super Junior Show.

And for Big Bang, MTV Korealah yang membuat acara perjalanan mereka sebelum diluncurkan sebagai boy band. And for detail, acara ini bertujuan untuk mengenang aktivitas latihan mereka yang sangat berat, yaitu menari dan menyanyi, sebelum mereka menjadi bintang di industri musik Korea. Pada awalnya, SO-1 dan Seungri telah dipertimbangkan untuk tidak diikutsertakan. Namun, mereka diberi kesempatan untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam menari dan menyanyi. Dan pada akhirnya, SO-1 tidak terpliih karena dinilai terlalu malu-malu. Sedangkan Seungri yang terpilih, dipilih karena Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment, manajemen tempat Big Bang bernaung) terkesan dengan kemampuan menari dan menyanyi yang dimiliknya.


Perbedaan : 
Super Junior :
Meskipun syuting sudah dilakukan, namun acara mereka baru ditayangkan sekitar 8 bulan kemudian di reality show pertama mereka, yaitu Super Junior Show.

Big Bang :
Berbeda dengan Super Junior, tak lama setelah syuting dilakukan, acara mereka pun langsung dimuat di televisi setempat.




Album Pertama yang Kurang Berhasil

Namanya kesuksesan gak pernah didapatkan secara instan. Butuh yang namanya kerja keras ekstra untuk mendapatkannya. Gak berhasil? Jangan takut apalagi mundur. Itu justru harus menjadi pacuan bagi kalian untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Ini juga dialami oleh superstar seperti mereka. Kegagalan sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari mereka. Namun, karena tekad yang kuat akhirnya mereka bisa melaluinya dengan mudah.


Album pertama BIGBANG dan Super Junior


Contohnya Super Junior. Walaupun bisa dibilang di awal karir, mereka sudah mendapatkan penggemar yang lumayan banyak untuk seukuran artis baru seperti mereka. Juga album dan single yang lumayan laku dan menempati posisi atas di tangga lagu Korea. Tapi, respon yang didapatkan mereka dari masyarakat masih kurang. Mungkin salah satu faktornya karena lagu yang kurang easy listening bagi masyarakat luas. Juga promosi yang dilakukan kurang efektif sehingga para member yang dulu jumlahnya seperti kesebelasan dengan dua pemain cadangan ini kurang dikenal, dapat menyebabkan kurang berhasilnya album ini.

Sama halnya dengan Super Junior, Big Bang juga mengalami hal yang serupa. Sebenarnya 3 EP (Extended Plays) dan album pertama mereka lumayan laku di pasaran. Apalagi sampai berhasil mengadakan konser tunggal. Meskipun  lagu This Love, aransemen ulang dari lagu yang dibawakan Maroon 5 ini menjadi hit. Namun rupanya kesuksesan belum menghampiri mereka. Dikarenakan lagu-lagu mereka belum berhasil memasuki top chart Korea seperti halnya album-album mereka selanjutnya yang banyak meraih penghargaan disana-sini.


Perbedaan : 
Super Junior :
Meskipun lagu-lagu mereka menempati top chart bulanan Korea, yaitu TWINS (Knock Out) berhasil menempati peringkat #3 di chart bulanan pada Desember 2005, juga Miracle yang berhasil menempati peringkat #1 di chart Korea juga Thailand. Namun, penjualan album pertama mereka, yaitu sebanyak 28.536 masih kurang jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah penjualan 3 EP dan album pertama Big Bang

Big Bang :
Sebaliknya, jika mereka kalah dari Super Junior tentang lagu-lagunya yang tidak memasuki posisi atas top chart Korea. Namun, penjualan 3 EP dan album perdana mereka jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan penjualan album Super Junior. Secara berturut-turut, yaitu 40.000 kopi (EP pertama : The First Single), 32.000 kopi (EP kedua : Big Bang Is VIP), 30.000 kopi (EP ketiga : B I G B A N G 0 3), dan yang terakhir album perdana mereka yaitu Since 2007 sebanyak 48.009 kopi.



Masih banyak lagi kesamaan mereka yang belum ditulis disini. So, if you wanna know more about their similarities, you can read my next post. So, wait it patiently! ^>^








Related Articles :
Super Junior VS Big Bang (Part 3)
Super Junior VS Big Bang (Part 4)
Super Junior VS Big Bang (Part 5)
Super Junior VS Big Bang (Part 6)



Credits :
Info : www.wikipedia.com, the other sources

Originally Posted By :
mrsk-po.blogspot.com

Please Full Credit If You Wanna Reposted
Thank You 

2 comments:

  1. kamu ini penggemarnya big bang ya???
    dari tadi kayak jelek-jelekin suju aj...

    ReplyDelete
  2. Cindy elfish yg cantik, dari mana ada kata2 jelekin SuJu? Malah dia ngebela SuJu.
    Ayoi coba diliat lagi. Dibaca dg teliti, yg akurat & tepat.
    Jangan bikin fanwar lho ya..
    Aku juga Elf tapi berfikir yg cerdas dong kamu ini.
    Thanks

    ReplyDelete